BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari uraian yang telah dijelaskan pada setiap bab sebelumnya,
maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Besamya trafik yang terjadi pada setiap
MSC berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya call yang mengarah ke arah
destinasi dan tujuan dari call itu sendiri, dan kapasitas pelanggan dari MSC
itu sendiri. Pada area perbelanjaan, pusat perkantoran, maka kepadatan trafik
akan tinggi. Selain itu pada jam-jam sibuk juga sangat berpengaruh pada
kepadatan traffik.
2. Dengan menggunakan tabel erlang B dapat
ditentukan nilai GOS. Telkomsel membatasi nilai GOS sebesar 2%. Semakin kecil
nilai GOS maka semakin baik kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.
3. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan
untuk mengatasi kepadatan trafik, yaitu
dengan menambah jumlah kanal pembicaraan, menambah MSC baru dengan cara
pembagian beban pelanggan.
5.2 Saran
Adapun saran yang dapat penulis berikan dari tugas akhi adalah :
1. Dengan nilai COS 2%, Telkomsel telah memberikan
kualitai layanan yang baik. Untuk meningkatkan kualitas layanan yanc akan
diberikan kepada pelanggan, sebaiknya Telkomsel memperkecil nilai GOS.
2. Telkomsel juga
sebaiknya meninjau kembali terhadap pembagian beban traffik di setiap MSC sehingga jika
memungkinkan kepadatan traffik pada lokasi tersebut dapat dikurangi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar